Makalah PTI ( Tugas UAS Aditya Rahman (A) 1506058 )


HARDWARE: INPUT & OUTPUT : TAKING CHARGE OF COMPUTING & COMMUNICATIONS

sttg.png


NAMA : Aditya Rahman
NPM : 1506058
MATA KULIAH : PTI
KELAS : Teknik Informatika A (1)


SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
Jl. Mayor Syamsul No.1 Telp. 0262 232773 – 232332 Garut
http://www.sttgarut.ac.id e-mail: akademik@sttgarut.ac.id
2015/2016

KATA PENGANTAR
Puji dan  syukur kami  ke hadirat Allah SWT Yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga Makalah PTI ini dapat selesai tepat pada waktunya. Shalawat serta Salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi kita semua Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabat, tabi’in & atbaut tabi’in serta kepada kita semua selaku umatnya.

Saya juga menyadari bahwa makalah sederhana ini tentunya masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya dengan terbuka hati menerima segala bentuk kritik dan saran yang sifatnya membangun guna kesempurnaan makalah ini. Atas segala partisipasinya saya mengucapkan terima kasih.







Penyusun,
Aditya Rahman


















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................................
1
DAFTAR ISI ........................................................................................................................
2
BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................................
3
1.1 LATAR BELAKANG ...................................................................................................
3
1.2 TUJUAN ........................................................................................................................
3
BAB II PEMBAHASAN ....................................................................................................
4
2.1 INPUT HARDWARE ...................................................................................................
4
2.2 KEYBOARD .................................................................................................................
4
2.3 MOUSE...........................................................................................................................
6
2.4 VARIASI PADA MOUSE.............................................................................................
6
2.5 SCANERS.......................................................................................................................
7
2.6 KARTU WEBCAM DAN VIDEO INPUT .................................................................
7
2.7 KAMERA DIGITAL.....................................................................................................
8
BABM III PENUTUP .........................................................................................................
9














BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mesin teller  tidak hanya mesin otomatis atau mesin ATM, di kantor bangunan, toko-toko, klub malam, dan bahkan lobi dari beberapa apartemen bangunan besar,hal ini juga menjadi sesuatu yang sangat berbeda dari perangkat yang sederhana untuk orang yang membutuhkan uang dengan cepat. Mereka bermigrasi ke berbagai jenis kios, bilik komputerisasi atau struktur stand kecil menyediakan sejumlah layanan, dari pilihan perbankan elektronik untuk manfaat pekerjaan perusahaan, dari saran pariwisata untuk izin garasi jual.
Di Tampa, Florida, Kimberly Ruggiero, sebuah rumah sakit tracker persediaan, Menghindari baris Bank 30 menit pada hari Jumat dengan berhenti di 7-Eleven dan menggunakan ATM-seperti kios untuk kas gajinya. "Ini sangat nyaman dan cepat," katanya, " saya tidak harus menunggu dalam antrean.  Di New York City, kios dapat digunakan oleh warga untuk membayar tiket parkir dan cek untuk pelanggaran bangunan-kode. Di San Antonio, mereka menyediakan Informasi pada hewan yang tersedia untuk diadopsi. Di Seattle, komputer Carferry melihat gambar dari kondisi lalu lintas di jalan raya utama. Di Nevada, pengendara dapat menggunakan kios di Departemen Kendaraan Bermotor untuk mendapatkan printout  riwayat sopir. Banyak perguruan tinggi dan universitas menggunakan kios untuk memberikan informasi tentang kelas, jadwal, lokasi kegiatan, peta, dan sebagainya kepada siswa.
Kios juga menjual perangko, mencetak cek, dan mengeluarkan tiket film dan pesawat. Banyak toko kelontong memiliki kios video rental menawarkan penyewaan film untuk $ 1/malam.  Kantor Alamo sewa mobil memiliki kios di mana wisatawan dapat cekout, dapatkan deskripsi layanan hotel, dan mendapatkan menu restoran dan ulasan-dalam empat bahasa. Pada MainStay Suites, tamu bahkan mungkin tidak menemukan pegawai meja depan; kios telah menggantikan mereka di banyak lokasi. Banyak kios telah berubah menjadi pusat multimedia full-blown, menawarkan dipublikasikan kegiatan perusahaan dan pemerintah, lowongan pekerjaan, dan manfaat, serta sebagai iklan, kupon, dan preview film.
Kios menyajikan dua wajah dari komputer yang penting untuk manusia:. Hal ini memungkinkan mereka untuk input data dan output informasi  Misalnya, banyak kios menggunakan layar sentuh (dan kadang-kadang juga keyboard) untuk input dan printer thermal untuk output. Dalam bab ini, kita membahas apa kepala perangkat input dan output dan bagaimana Anda dapat menggunakannya.

1.2 Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini untuk menyelesaikan salah satu tugas UAS PTI ( Pengantar Teknologi Informasi ) dan semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat untuk orang lain umumnya dan khusus bagi diri saya sendiri.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 INPUT HARDWARE

hardware input  terdiri dari perangkat yang menerjemahkan data ke dalam bentuk komputer agar dapat diproses. Bentuknya datanya mendakati kata-kata manusia seperti halaman ini, tetapi komputer hanya dapat membaca bentuk terdiri dari 0s dan 1s biner, atau off pada sinyal-sinyal listrik. Output hardware terdiri dari perangkat yang menerjemahkan informasi yang diproses
oleh komputer ke dalam bentuk yang bisa di mengerti manusia. Informasi yang diproses komputer terdiri dari 0 dan 1, yang perlu diterjemahkan dalam kata-kata, angka, suara, dan gambar.

2.2 KEYBOARD

Keyboard adalah perangkat yang mengkonversi huruf, angka, dan karakter lain menjadi sinyal listrik yang dapat dibaca oleh prosesor komputer.
Keyboard melakukan hal ini dengan prosesor sendiri dan grid kunci sirkuit bawah. Ketika Anda menekan tombol atau kombinasi tombol, arus yang mengalir memotong ke sirkuit. Prosesor menentukan kapan harus berhenti dan membandingkan informasi lokasi dengan peta karakter (yang diselenggarakan oleh koordinat x, y ) yang terletak di chip ROM keyboard. Informasi karakter secara singkat disimpan dalam memori keyboard, yang memiliki ukuran sekitar 16 byte. Keyboard kemudian mengirimkan data  ke PC melalui kabel atau koneksi nirkabel. (Laptop menggunakan koneksi kabel internal.) Komputer memiliki keyboard controller, sebuah sirkuit terpadu yang tugasnya adalah untuk memproses semua data yang berasal dari keyboard dan meneruskannya ke operasi sistem. Pemeriksaan sistem operasi untuk melihat apakah data keyboard operasi system tertentu atau aplikasi tertentu.

  1. KEYBOARDS COMPUTER TRADISIONAL
Melihat kembali dari iklan PC yang disajikan dalam Bab 4 (Panel 4.4 pada hal. 199), kita melihat bahwa "keyboard berukuran penuh dengan keypad numerik." Konvensional keyboard komputer memiliki semua tombol pada mesin ketik keyboard tua, ditambah kunci lain yang unik untuk komputer. Pada umumnya total kunci untuk komputer desktop adalah 104-108  dan 80-85 untuk kunci laptop. Keyboard baru termasuk tombol tambahan untuk kegiatan khusus seperti web instan Akses, CD / DVD kontrol, dan tombol pintas Windows. Keyboard kabel menghubungkan kabel ke komputer melalui port serial atauUSB port. Keyboard nirkabel menggunakan salah inframerah cahaya (IR) teknologi atau frekuensi radio (RF) teknologi untuk mengirimkan sinyal ke perangkat penerima yang dicolokkan ke komputer, biasanya melalui port USB. Nirkabel keyboard inframerah memiliki jangkauan transmisi dari 6-10 kaki dan tidak dapat memiliki hambatan dalam transmisi jalan (disebut garis pandang). (Beberapa laptop / notebook komputer dan printer datang dengan built-in port IR.) Keyboard berbasis radio memiliki jangkauan hingga 100 kaki dan tidak memiliki masalah line-of-sight. Hal yang menarik versi akhir variasi adalah VKB Virtual Keyboard. Ukuran pena menulis, menggunakan cahaya (laser) untuk proyek-ukuran penuh keyboard komputer ke hampir semua permukaan; gambar menghilang bila tidak menggunakannya. Virtual Keyboard dapat digunakan dengan PDA dan smartphone, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan email dan pengolah kata dengan praktis tanpa harus membawa komputer atau laptop.  Ilustrasi fungsi Keyboard dalam Bab 3 menunjukkan keyboard dan numeric keypad (Lihat kembali Panel 3.6, pp. 130-131.)

  1. KEISTIMEWAAN KEYBOARDS & Terminal
khusus keyboard berawal dari touch Keypad telepon nada untuk keyboard menampilkan gambar makanan untuk digunakan di restoran fastfood. Di sini kita akan mempertimbangkan dumb terminal, terminal cerdas, dan terminal internet:

  1. Dumb terminal: Terminal bodoh, juga disebut tampilan video terminal (VDT), memiliki layar display dan keyboard dan dapat memasukkan tetapi output tidak dapat memproses data. Biasanya output adalah teks saja. Misalnya, pemesanan maskapai pegawai menggunakan terminal ini untuk mengakses komputer mainframe yang berisi informasi penerbangan. Dumb terminal tidak dapat melakukan fungsi independen dari mainframe terkaitnya.

  1. terminal Cerdas: Sebuah terminal cerdas memiliki memori sendiri dan prosesor, serta tampilan layar dan keyboard Seperti terminal dapat melakukan beberapa fungsi independen dari mainframe apapun untuk yang terkait. Salah satu contoh adalah akrab automated teller machine (ATM), mesin perbankan swalayan yang terhubung melalui jaringan telepon ke komputer pusat. Contoh lain adalah point-of-penjualan (POS) terminal, digunakan untuk merekam pembelian di toko kasir. terminal Cerdas dapat dihubungkan  dengan mainframe komputer  sistem nirkabel atau melalui kabel. Contoh ketiga dari terminal cerdas adalah terminal mobile data (MDT), notebook PC  yang ditemukan di mobil polisi, yang harus bertahan mengejar kecepatan tinggi dan penggunaan tanpa henti. MDTs dapat menjalankan operasi Windows sistem tetapi penggunaan software khusus yang memungkinkan petugas melacak pengiriman informasi, pencarian waran lokal dan nasional, memverifikasi plat dan STNK, memeriksa catatan kriminal, dan banyak lagi. Beberapa sistem, seperti yang digunakan oleh Tulsa, Oklahoma, kepolisian, biasa nya petugas dibiarkan menyelesaikan laporan secara online agar tidak memakan waktu di-kantor.

  1. terminal Internet: Sebuah terminal internet menyediakan akses ke  internet, untuk langsung agar bisa masuk ke dalam browser. Ada beberapa varian:
(1) internet TV, yang mendistribusikan TV melalui internet;
(2) internet-ready TV, TV yang memungkinkan pemirsa untuk online;
(3) jaringan komputer yang murah, komputer dilucuti-down yang menghubungkan orang-orang ke jaringan;
(4) pemain game online, yang tidak hanya memungkinkan pengguna bermain game, tetapi juga menghubungkan ke Internet; dan
(5) saku PC nirkabel atau pribadi digital assistant (PDA), komputer genggam dengan Keyboard nirkabel kecil yang dapat melakukan pesan dua arah; kebanyakan smartphone juga bertindak sebagai terminal internet.

2.3 MOUSE
Mouse alat penunjuk utama yang digunakan dengan mikrokomputer,  mouse merupakan perangkat rolled sekitar mouse pad desktop yang mengarahkan pointer pada layar display komputer. Penampilan pertamanya di sebuah demonstrasi di San Francisco pada tahun 1968, Nama mouse ini berasal dari bentuk perangkat, yang sedikit seperti tikus, dengan kabel ke komputer seperti ekor. Mouse go public pada tahun 1984 dikenalkan oleh Apple Macintosh. (• Lihat timeline, Panel 5.4.) Setelah Microsoft Windows 3.1 membuat GUI standar PC, mouse juga menjadi perangkat input standar.

2.4 VARIASI PADA MOUSE: TRACKBALL, Pointing stick, & Touchpad
Ada tiga variasi utama pada mouse.
  1. Trackball: trackball adalah roll bola bergerak, dipasang di atas perangkat stasioner, yang dapat diputar dengan menggunakan jari atau telapak. Bahkan, mouse trackball dapat dipindahkan. Sebagai gantinya menggerakkan mouse di sekitar pada desktop, Anda menggerakan trackball dengan ujung jari Anda. Sebuah trackball tidak seakurat mouse, dan membutuhkan lebih sering membersihkan, tetapi itu adalah alternatif yang baik ketika ruang desktop terbatas. Trackball hadir dalam versi kabel dan versi nirkabel dan trackball optik baru menggunakan teknologi laser.

  1. Pointing stick: pointing stick tampak seperti penghapus pensil menonjol dari kunci keyboard antara G, H, dan B. Bila Anda memindahkan stik dengan jari Anda, Layar pointer bergerak sesuai pergerakannya. IBM mengembangkan pointing untuk tetap digunakan dengan komputer / notebooknya. ( pendahulu menunjuk tongkat adalah joystick, yang terdiri dari vertical menangani seperti tuas perpindahan gigi dipasang di dasar dengan satu atau dua tombol.)

  1. Touchpad: Sebuah touchpad  kecil, permukaannya datar di mana Anda menggeser jari Anda, menggunakan gerakan yang sama seperti yang Anda lakukan dengan mouse. kursor mengikuti gerakan jari Anda. Anda "klik" dengan menekan jari Anda pada permukaan pad atau dengan menekan tombol diposisikan dekat pad. Touchpad paling sering ditemukan pada laptop, tapi touchpad juga bebas yang tersedia untuk digunakan dengan PC
  2. TOUCH SCREEN Sebuah layar sentuh layar tampilan video yang memiliki telah peka untuk menerima masukan dari sentuhan jari. (• Lihat Panel5.6. ) Lapisan layar memiliki lapisan khusus yang ditutupi dengan lapisan plastik. Bergantung kepada jenis layar sentuh, tekanan dari jari pengguna membuat sambungan listrik saat menyentuh lapisannya, muatan listrik menurun pada titik yang disentuh, atau  tidak mengganggu medan listrik. Perubahan arus listrik itu menciptakan sinyal yang dikirimkan ke komputer.

2.5 SCANNERS
Scanner, atau scanner optik, menggunakan cahaya-sensing (optik) peralatan untuk menerjemahkan gambar dari teks, gambar, foto, dan sejenisnya ke dalam bentuk digital. (• Lihat Panel 5.12, halaman berikutnya.) Gambar kemudian dapat diproses oleh komputer, yang ditampilkan pada monitor, disimpan pada perangkat penyimpanan, atau ditransmisikan ke komputer lain. Scanner telah menyebabkan seluruh industri baru yang disebut pencitraan elektronik, Software dikendalikan integra tion dan manipulasi gambar terpisah, menggunakan scanner, kamera digital, dan komputer grafis canggih. Teknologi ini telah menjadi sangat berharga untuk semua jenis alasan, seperti untuk mendigitalkan dan melestarikan buku-buku lama dan manuskrip .
Salah satu jenis yang paling populer dari scanner adalah pemindai flatbed, atau desktop scanner, yang bekerja seperti fotokopi-gambar yang dipindai ditempatkan pada permukaan kaca, dimana masih diam, dan balok pemindaian bergerak di itu. Tiga jenis lain dari scanner adalah sheet-fed, genggam, dan gendang. empat jenis dibandingkan di bawah ini. (• Lihat Panel 5.13.) Lainnya tujuan tunggal scanner yang tersedia, seperti bisnis-kartu, slide, dan foto scanner. Bahkan ada pena scanner, seperti DocuPen, yang dapat memindai teks dari buku dan artikel.
Sebuah perangkat input audio catatan analog suara dan menerjemahkannya lalu disimpan dan di olah dalam bentuk digital. Sebuah sinyal suara analog adalah continuously variable gelombang dalam rentang frekuensi tertentu. Untuk komputer untuk memproses mereka, gelombang variabel ini harus dikonversi ke 0s digital dan 1s. Penggunaan utama perangkat audio input untuk menghasilkan input digital untuk komputer multimedia. DUA CARA digitalisasi AUDIO Sebuah sinyal audio dapat didigitalkan dalam dua cara-oleh papan suara atau papan MIDI

2.6 Kartu Webcam & Video Input  

Apakah Anda tipe orang yang suka pamer untuk kamera? Mungkin, maka, Anda ingin untuk memperoleh webcam, kamera video yang terpasang ke komputer untuk merekam gambar bergerak hidup yang kemudian dapat diposting di website secara real time (• Lihat Panel 5.17.) Koneksi Webcam memerlukan software khusus, biasanya disertakan dengan kamera, dan kabel USB atau video atau frekuensi  koneksi radio nirkabel. Awalnya ditujukan untuk videoconference pribadi, webcam telah menjadi populer dengan pengguna web. Anda dapat bergabung dengan ribuan pengguna webcam lain di luar ada yang hosting materi memukau seperti hidup 24 jam pandangan akuarium kura-kura bernama Pixel. Atau Anda mungkin menunjukkan tempat tinggal atau meja berantakan untuk semua untuk melihat. Twenty20 ini VholdR Helm Kamera Camcorder adalah kamera video digital dengan lensa yang tali ke Anda helm-sempurna untuk menangkap bergerak Anda saat Anda bermain ski menuruni jejak hitam-berlian. Seperti suara, film dan rekaman video yang paling tradisional telah analog untuk ; sinyal gelombang continuously variable. Untuk penggunaan komputer, sinyal yang berasal dari VCR atau camcorder harus dikonversi ke bentuk digital melalui digitalisasi khusus kartu-a kartu video-capture atau hanya kartu video - yang diinstal di komputer. Ada dua jenis framegrabber Video kartu- dan full-motion.
FRAME-grabber VIDEO CARD The kartu video frame-grabber dapat menangkap dan mendigitalkan hanya satu frame pada suatu waktu.
FULL-MOTION VIDEO CARD The kartu video full-motion dapat mengkonversi analog ke sinyal digital dengan harga sampai dengan 30 frame per detik, memberikan efek dari terus film mengalir.

2.7 Kamera Digital

Kamera digital, yang sekarang sangat menjual lebih banyak dr kamera film di Amerika Serikat, sangat menarik karena mereka telah mengubah seluruh industry fotografi. Tahap yang tidak diinginkan lingkungan pengembangan kimia diperlukan untuk film konvensional benar-benar dihilangkan.
Alih-alih menggunakan tradisional (kimia) Film, sebuah kamera digital menggunakan sebuah lightsensitive chip prosesor untuk menangkap gambar foto dalam bentuk digital dan menyimpannya pada disket kecil yang dimasukkan ke dalam kamera atau pada flash kartu memori. (• Lihat Panel 5.19.) The bit informasi digital maka dapat disalin langsung ke hard disk komputer untuk manipulasi, email, posting di website, dan mencetak. Banyak kamera digital dapat dihubungkan ke komputer dengan USB atau FireWire koneksi (dibahas dalam Bab 6), sehingga sistem operasi komputer Anda harus mendukung koneksi ini untuk mengenali pengemudi kamera. Kebanyakan kamera menyimpan data gambar pada kartu memori flash dan memori stick, dari mana kemudian Anda dapat mengirimkan data foto ke komputer Anda melalui kabel USB. Aplikasi perangkat lunak populer untuk manipulasi foto digital canggih termasuk Adobe Photoshop, Corel Snapfire, Jasc Paint Shop Pro, dan Microsoft Gambar Ini! Digital Image Pro.






BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

kesimpulan Komputer memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, komputer terdiri atas tiga perangkat penting , salah satunya adalah hardware. Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut juga dengan nama perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang secara fisik dapat dijamah, dilihat dan dipindahkan. Hardware komputer adalah suatu system yang terdiri dari komponen – komponen yang saling menunjang satu sama lain. Apabila salah satu komponen tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka komputer itu tidak dapat kita gunakan secara maksimal.










Komentar